Kejurnas Catur Terbuka Piala Gubernur Sumut Resmi Dibuka, Sahmadin : Kepri Turunkan Dua Pemain Terbaik

2 minutes reading
Monday, 21 May 2018 02:27 0 408 andaranews

Andaranews, Sumut- Sumatera Utara menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) catur terbuka memperebutkan Piala Gubernur Sumut di Lapangan Merdeka, Medan,Sabtu (19/5/2018).

Dalam perhelatan itu provinsi kepri menurunkan dua atlet catur, yakni Hamdan dan Patar Gultom.

Wakil Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kepri, Sahmadin Sinaga mengatakan, dua orang yang diturunkan merupakan pecatur terbaik dari Kepri.

“Kepri menurunkan dua orang atlet catur, dan semoga bisa membawa pulang medali, ujarnya kepada www.andaranews di Batam Center minggu (20/5/2018)

Lebih jauh dikatakannya, pertandingan catur akan Diselengarakan selama tiga hari dimulai Sabtu (19/5/2018) dan rencananya akan berakhir Rabu (23/5/2018).

Dikatakan Sahmadin, pertandingan catur ini diharapkan akan mengasah kemampuan pecatur Kepri,sehingga kedepan pecatur asal Kepri dapat mengikuti kejuaraan Daerah maupun Kejuaran catur untuk tingkat dunia.

“Pertandingan catur kali ini, diharapkan agar semua peserta bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas dan jiwa kesatria.”Kata Sahmadin yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi Kepri.

Informasi yang diterima media ini, Kejuaraan catur memperebutkan pola Gubernur Sumut akan diikuti 500 atlet kelas senior dan junior. Dimana diikuti perwakilan 25 provinsi Se-Indonesia dan atlet dari Filipina dan Malaysia.

Juga tampak Grand Master (GM) dunia, Utut Adianto dan Cerdas Sembiring. Serta 12 Master Internasional, 14 Fide Master, serta 66 Master Nasional.

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi
dalam sambutannya Sabtu (19/5/2018) mengharapkan olahraga catur kembali digalakkan di masyarakat. Sehingga banyak lahir atlet-atlet catur yang berprestasi dari Sumatera Utara (Sumut).

Olahraga catur merupakan olah raga yang sangat digemari masyarakat di daerah ini. Hal ini dibuktikan dengan keseharian masyarakat yang rutin bermain catur di tempat tempat umum, seperti di kedai kopi, serta banyaknya kejuaraan catur yang diinisiasi berbagai pihak maupun organisasi di Sumut.

Namun secara umum, menurut Erry, prestasi catur Sumut saat ini belum menunjukkan hasil yang maksimal. Atlet-atlet catur Sumut yang bertanding di PON 2016 Jawa Barat belum berhasil menyumbangkan medali. Padahal, Sumut dahulu merupakan gudang atlet catur yang handal, Merlep Ginting, Monang Sinulingga dan Cerdas Barus.

“Saya harapkan ke depan kejuaraan-kejuaraan catur lebih digalakkan lagi oleh Pengprov PERCASI Sumut dengan dibantu berbagai stakeholder. Dengan semakin banyaknya kejuaraan maka akan mendorong prestasi atlet catur Sumatra Utara,” ujarnya.

Erry berpesan, prestasi atlet catur yang baik dapat dicapai tidak hanya karena berlatih, namun didukung sikap disiplin yang tinggi oleh atlet itu sendiri.

(Redaksi)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA