Danlanal Ranai Pimpin Upacara Sertijab Danposal dan Kenaikan Pangkat

3 minutes reading
Wednesday, 2 Oct 2019 04:24 0 193 andaranews

Andaranews.com (Natuna) Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ranai Kolonel laut (P) Harry Setyawan pimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab), Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Sabang Mawang dari Kapten Laut (P) M. Yusup kepada Letda Laut (P) A. Ropik.

Dan Jabatan Danposal Pulau laut dari Letda Laut (P) Suryadi kepada Letda Laut (S) Sunarto yang dilaksanakan di lapangan Apel Mako lanal Ranai, Selasa (01/10/2019) pukul 13.00 Wib.

Danlanal Ranai Kolonel laut (P) Setyawan bertindak Inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan
serah terima jabatan di lingkungan TNI AL merupakan hal yang wajar.

Serah terima jabatan dimaksudkan untuk merefres atau memberi suasana baru bagi organisasi suatu satuan serta manifestasi dari ” Tour Of Area “, sehingga tugas dan tanggung jawab dapat dilaksanakan secara optimal, ujarnya.

Oleh karena itu, kata Danlanal diharapkan kepada pejabat yang telah melakukan serah terima jabatan (Sertijab) dapat membawa ide-ide baru dan mampu menciptakan roda organisasi serta memberikan gairah perubahan.

Semangat untuk terus maju pada masing-masing personil dalam rangka menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dari waktu ke waktu.

Danlanal Ranai juga mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada para Danposal yang baru, semoga dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, harapnya.

Kolonel Harry memberi penekanan kepada para danposal yang baru sertijab
pertama, hindari terjadinya penyalahgunaan wewenang dan jabatan dalam melaksanakan tugas pokok dan kewenangan di daerah penugasan.

Kedua, dilarang melakukan kegiatan illegal di laut dan pengawalan/backing serta membantu/melindungi segala bentuk kegiatan illegal yang dapat menimbulkan permasalahan hukum.

Ketiga, tingkatkan sinergitas dengan sesama aparat maupun instansi terkait sebagai upaya meningkatkan soliditas dalam mendukung tugas pokok.

Keempat, menindak tegas oknum personil yang terbukti melakukan pelanggaran hukum dan disiplin sesuai prosedur hukum yang berlaku.

Kelima, khusus diwilayahnya yang rentan penyelundupan agar diwaspadai, jangan sampai tergalang atau dimanfaatkan oleh oknum tertentu.

Ditegaskan Harry Setyawan penampilan dan kinerja Pos TNI AL (Posal) merupakan faktor yang akan mewarnai persepsi dan penilaian masyarakat tentang TNI AL.

Sebab Posal merupakan ujung tombak dan lini terdepan dari struktur Pangkalan TNI AL yang langsung berhubungan dengan dinamika kehidupan masyarakat di daerah, tegasnya.

Selain itu diacara yang sama 5 (lima) anggota Bintara dan Tamtama dari personil lanal Ranai dan Kompi Komposit Marinir Setengar, naik pangkat
satu tingkat lebih tinggi kala waktu 1 Oktober 2019, yakni, Pelda Heru Suyanto Nrp. 96364, Koptu Rinto Suseno Nrp. 103900, Kopda Ari Irwan Nrp. 114012, Praka Mar Alan Saifudin Nrp 118138, Praka Mar Brilian Nrp 118177.

Menurut Danlanal Ranai dalam kehidupan militer kenaikan pangkat merupakan penghargaan dan kehormatan atas prestasi, kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukan oleh para prajurit dalam melaksanakan tugas pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

Kata Harry, kenaikan pangkat ini wajib disyukuri dengan hati yang tulus sebagai sebuah anugerah dan sekaligus harus disikapi sebagai sebuah tantangan yang menuntut semakin meningkatnya kedewasaan dalam berpikir, bersikap dan berbuat sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Dia berharap agar setiap prajurit yang naik pangkat dapat menjalankan kepercayaan dan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya, serta dapat meningkatkan kinerja secara optimal untuk memajukan organisasi TNI AL khususnya di Lanal Ranai dan Kompi Komposit Mainir, pungkasnya.sumber Rilis pers Pasintel lanal Ranai.

Laporan : Anhar
Biro Natuna

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA