Danlanal Ranai Pimpin pembukaan Persami

3 minutes reading
Tuesday, 1 Oct 2019 02:46 0 192 andaranews

Natuna –  Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ranai, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E, juga ketua Pembina Satuan Pramuka Bahari lanal Ranai, memimpin pembukaan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) disejalankan dengan pengukuhan Saka Bahari.

Di ikuti 48 siswa, 16 siswa berasal dari SMKN 1 Bunguran Timur dan 32 siswa dari SMAN 1 Bunguran Timur Laut, yang dilaksanakan di lapangan apel Mako Lanal Ranai, Natuna, Kepri, Minggu (28/09/2019) pukul 16.00 Wib.

Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E, dalam sambutanya menyampaikan rasa kebahagia dan mengajak kepada seluruh peserta, untuk senantiasa tetap semangat yang diiringi rasa syukur menerima nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa dalam melaksanakan tugas pembinaan pemuda pemudi bahari di wilayah kerja Lanal Ranai.

Harry menjelaskan Satuan Karya (Saka) Bahari adalah wadah bagi pramuka untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat, guna menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian.

” Negara kita adalah negara kepulauan dengan dua pertiga wilayahnya merupakan laut, maka gerakan pramuka Bahari dapat menanamkan, menumbuh kembangkan rasa cinta dan sikap hidup yang berorientasi ke laut berjiwa bahari, ujarnya.

Menurut Harry kegiatan gerakan Pramuka juga menjadi program wajib Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Natuna yang dilaksanakan disekolah dimulai dari tingkat Siaga sampai Penegak.

Kata Harry berawal dari sinilah Lanal Ranai mengawali peran melalui Staf Potensi Maritim (Potmar) dengan melakukan pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka Saka Bahari.

Saka Bahari sendiri paparnya, mempunyai fungsi antara lain sebagai wadah pendidikan, pembinaan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan di bidang kebaharian, sebagai sarana untuk melaksanakan bhakti kepada masyarakat bangsa dan negara, paparnya.

Saka Bahari Pangkalan TNI AL Ranai adalah Pembina Saka Bahari Kwartir Cabang Natuna juga memiliki Krida yaitu Krida Sumber Daya Bahari, Jasa Bahari, Wisata Bahari dan Reksa Bahari.

Harry berkeyakinan kedepannya Saka Bahari ini merupakan cikal bakal Pandu Laut di Natuna, Pandu Laut tersebut adalah Organisasi yang menjadi wadah bagi para komunitas pecinta laut.

Dimana organisasi ini di telah resmikan oleh Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti pada Rabu (10/07/2019) lalu, nantinya seluruh anggota Pandu Laut Nusantara ini akan secara kolaboratif dan berupaya melindungi laut bekerjasama dengan pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan.

Melalui kegiatan Perseni ini Danlanal berharap, kepada para peserta dapat mengikuti dengan baik, belajar dan berlatih dengan maksimal sehingga Ilmu dan pengalaman yang didapat selama Kegiatan ini bisa dikembangkan juga bermanfaat bagi masyarakat Natuna.

Kegiatan pelaksanaan perkemahan ini akan berlangsung selama dua hari mulai 28 – 29 September 2019 dengan berbagai
Kegiatan diantaranya pengenalan dan pengetahuan tentang kebaharian. Sumber Rilis pers Pasintel lanal Ranai.

(Red/ist)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA