Anwar Usman: Hakim Harus Jaga Tingkah Laku dan Tutur Kata

2 minutes reading
Monday, 14 May 2018 17:49 0 626 andaranews

Andaranews,Jakarta — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2018-2020, Anwar Usman, kembali mengingatkan bahwa hakim harus hati-hati dalam menyampaikan pandangan, tutur kata dan selalu menjaga tingkah lakunya.

Pernyataan itu disapampaikan saat ia memberikan sambutan usai mengucapkan sumpah jabatan di hadapan delapan hakim konstitusi lainnya, di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/4) sore.

Tampak hadir dalam acara ini Wapres Jusuf Kalla serta pejabat tinggi negara lainnya. Anwar mengawali sambutannya dengan ucapan ‘innalillahi wainnailaihi raji’un’.

“Inalillahi wainailaihi raji’un, karena saya meyakini bahwa suatu jabatan pada hakikatnya adalah ujian yang diberikan kepadanya,” tuturnya.

Dalam perspektif agama, kata Anwar, hakim diibaratkan sebagai wakil Tuhan di bumi yang bisa memutuskan perkara dan menentukan nasib seseorang.

Hakim, menurutnya, memiliki tanggung jawab besar. Sebab, ia menegakkan hukum sekaligus menegakkan keadilan.

Dalam kesempatan ini, Anwar juga menyampaikan terima kasihnya kepada Arief Hidayat selaku mantan Ketua MK sebelumnya.

Anwar menilai selama ini Arief telah membimbingnya selama ia masih menjabat sebagai wakil ketua MK.

“Selama jadi wakil ketua mendampingi beliau [saya] belajar banyak dari kehidupan tentang filosofi kehidupan kepada beliau,” aku dia.

Diketahui, Anwar terpilih menggantikan Arief Hidayat melalui proses pemungutan suara lantaran Rapat Permuwasyaratan Hakim (RPH) secara tertutup tak mencapai mufakat.

Ia unggul lima suara dibandingkan hakim konstitusi Suhartoyo yang memperoleh empat suara. Sementara Wakil Ketua MK dijabat Aswanto.

(red/Gr)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA