Polres Natuna Resmi Lounching Smart SIM, Ini Keunggulanya

2 minutes reading
Friday, 27 Sep 2019 12:17 0 192 andaranews

Natuna – Smart Surat Izin Mengemudi (Smart SIM) atau SIM Pintar resmi dilounching Kapolres Natuna pada Kamis (26/09/2019) Siang.

Kapolres Natuna menjelaskan SIM yang dilengkapi chip ini memiliki sejumlah keunggulan daripada SIM terdahulu, seperti merekam data pelanggaran pengemudi hingga sebagai uang elektronik.

Smart SIM atau SIM pintar ini sudah terintegrasi dengan Dukcapil, sebagai elektronik money yang bisa untuk dipakai bayar tol, pembayaran E-tilang juga mencegah praktek pungli yang sering terjadi, terang Kapolres Natuna.

Peluncuran Smart SIM di Kabupaten Natuna, Kata Nugroho merupakan realisasi dari Program Promoter Kapolri yang mengisyaratkan Promoter terhadap kinerja maupun hasil kerja Polri.

Smart Sim dengan memberdayakan teknologi informasi secara terpusat dan terpadu IRSMS dan Data Base lain dalam mendukung Tugas Pokok Polri.

Ia juga menerangkan, Smart Sim berfungsi sebagai Identitas dengan data lengkap (Data Forensik). Dan juga sebagai media pencatat riwayat pelanggaran lalulintas maupun kecelakaan bagi para pemegang SIM.

Dengan adanya penerapan Smart Sim diwilayah Kabupaten Natuna diharapkan dapat memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi masyarakat untuk bertransaksi melalui teknologi digital melengkapi surat kelengkapan dalam berkendaran dengan cepat, pungkasnya.

Kasatlantas Polres Natuna Iptu Zubaidah
memaparkan, penerapan Smart Sim ini pada prinsipnya untuk mempermudah masyarakat, manakala Simnya disita oleh Kepolisian.

Seperti di tilang secara otomatis pembayaran dendanya melalui e-tilang dan apabila pemilik Smart Sim tersandung pidana, maka disita dan sisa saldo akan dikembalikan kepada pemilik smart sim mekanisme bank BNI melalui rekening masing-masing.

Zube juga mengatakan keistimewaan smart SIM atau SIM Pintar yang baru diluncurkan juga bisa menyimpan uang seperti ATM.

Tentunya dengan jumlah deposit maksimal Rp 2 juta juga bisa dipakai untuk berbelanja di pasar modern dan minimarket serta digunakan sebagai kartu TOL. Serta pengisian saldo dapat dilakukan melalui Mandiri, BRI- Brizzi dan BNI- TapCash.

Kepada Batamtimes.co, Dia menegaskan Smart SIM dengan beragam inovasi terbaru sulit untuk dipalsukan karena memiliki keamanan tingkat tinggi.

Pembuatan Smart SIM biaya dan prosesnya juga sama seperti pembuatan sim yang lama. Tidak ada penambahan maupun mekanisme pembuatan dan perpanjangan prosedurnya tidak ada beda, tandasnya.

(Red/Pohan)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA